Install & Menggunakan R-Studio

R-Studio adalah salah satu software recovery yang berfungsi untuk mengembalikan data atau file yang telah dihapus, hilang atau terformat di dalam sebuah harddisk, flashdisk, memory card, dan media penyimpanan lain yang sifatnya non-CD (bukan termasuk kepingan CD, contoh: CD, VCD & DVD).

Bagi teman-teman yang belum memiliki softwarenya klik aja di sini !!! 

Pengalaman Ncim menggunakan R-Studio dalam mengembalikan data atau file khususnya file-file yang berbentuk teks cukup baik, tetapi file-file yang berbentuk gambar, audio dan video software ini belum bisa mengembalikan file secara sempurna & utuh. Sebelum menggunakan software ini tentu saja kita harus menginstalnya ke dalam komputer kita, adapun caranya adalah :

  1. Double klik file instalasi R-STUDIO NTFS.EXE ( Untuk media penyimpanan dengan file system berbasis NTFS, biasanya harddisk ) atau R-STUDIO FAT.EXE ( untuk media penyimpanan dengan file system berbasis FAT, biasanya flashdisk )
  2. Pada window SETUP, pilih YES untuk memulai proses instalasi
  3. Kemudian akan terbuka window setup wizard, pilih NEXT
  4. Lalu akan muncul lembar license agreement, pilih YES
  5. Setelah itu pilih NEXT sebanyak 3x
  6. Klik tombol INSTALL, tunggu sampai proses instalasi selesai
  7. Setelah selesai maka silahkan ceklist kotak pilihan yang tersedia, kemudian klik tombol FINISH.
  8. Maka akan tampil window registrasi R-STUDIO, silahkan kamu isi bagian Name dan Company sesuai keinginanmu.
  9. Pada bagian Registration Key isilah dengan serial number yang bisa kita lihat di dalam file teks R-STUDIO NTFS Serial.txt atau R-STUDIO FAT Serial.txt.
  10. Klik OK, maka R-STUDIO selesai diinstal dan siap dipakai

Setelah R-STUDIO terinstall ke dalam komputer, sekarang kita coba menggunakannya, langkah-langkahnya yaitu :

  1. Jika window R-STUDIO belum tampil kamu bisa membukanya dari START > PROGRAMS > R-STUDIO NTFS / FAT > R-STUDIO NTFS / FAT
  2. Secara umum tampilan software terbagi menjadi 3 bagian, yaitu : kiri ( berisi nama harddisk atau flashdisk ), kanan ( berisi informasi detail mengenai harddisk atau flashdisk ) dan bawah ( berisi keterangan status harddisk atau flashdisk )
  3. Untuk memulai proses mengembalikan data silahkan double klik nama drive harddisk atau flashdisk kamu, yang ada di bagian kiri tampilan software ( misalnya C: ) dan tunggu sampai proses scanning file selesai
  4. Setelah harddisk atau flashdisk kita selesai di scan maka akan tampil beberapa folder biasa dan beberapa folder yang di silang merah. Folder yang di silang merah itu artinya folder tersebut adalah folder yang telah terhapus dari harddisk atau flashdisk, sedangkan folder yang tidak di silang merah itu adalah folder yang masih ada di dalam harddisk atau flashdisk.
  5. Sekarang silahkan kamu cari nama file yang akan kamu kembalikan di dalam folder-folder yang di silang merah dengan cara memberi ceklist di depan nama file tsb.
  6. Berhati-hatilah dalam memilih file, karena kemungkinan virus yang telah terhapus dari harddisk atau flashdisk anda bisa aktif kembali, maka pilihlah file secara teliti dan lihat juga ekstension dari nama file tsb, misalkan file Ms.Word dengan nama latihan, maka ekstensionnya harus *.doc (latihan.doc) bukan *.exe (latihan.exe) atau yang lainnya
  7. Setelah semua file terceklist, silahkan klik menu FILE > RECOVER
  8. Tentukan lokasi pengembalian file tsb dengan meng-klik tombol “>” yang ada di kanan kolom OUTPUT FOLDER, misalnya My Documents
  9. Klik tombol OK
  10. Setalah proses pengembalian selesai, silahkan buka folder yang anda pilih tadi sebagai tempat pengembalian file, dalam contoh ini My Documents.
About these ads

9 comments on “Install & Menggunakan R-Studio

  1. gmn seah cara mudah menghilangkan virus, tolong ya

    mas edward mau yg instan aja niy, yang paling mudah ci di format aja media penyimpanannya (harddisk,flashdisk,disket,dll) di jamin virusnya ilang smua, tapi data-data yang ada di dalam media pemyimpanan kita ikut ilang juga. kalo mau aman ya harus di scan pake antivirus.

  2. please dong, serial (registration key-nya R Studio) udah instal softwarenya tp gak bisa recover, cos gak ada serial nmbernya. Please yaaaaaaa…. Thanks

  3. mas kan file yang dulu ke delete dah balik lag kita recovery..tp kok file yang balikin itu gak bisa dibuka ya??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s