Partisi Harddisk dengan Partition Magic

Partisi harddisk, kadang sering kita dengar kata itu, tapi apa sih maksud dari partisi harddsik itu? Secara umum partisi harddisk ialah proses memberi bagian atau memecah ruang harddisk yang tersedia menjadi beberapa bagian. Contoh, jika kita mempunyai harddisk sebesar 40 GB yang belum di partisi, maka jika kita membuka windows explorer maka akan terbaca sebagai Local Disk (C:) namun terkadang kita melihat di komputer lain dengan besar harddisk yang sama tetapi terbaca 2 bagian yaitu Local Disk (C:) dan Local Disk  (D:), inilah yang dimaksud harddisk di partisi menjadi 2 bagian yang besarnya masing-masing bagian itu bisa kita sesuaikan.

Setelah kita mengetahui apa itu partisi harddisk, sekarang mari kita mencoba membuatnya dengan bantuan software Partition Magic keluaran PowerQuest(R). Di sini saya mengambil contoh denganmenggunakan Partition Magic Pro 8.0. Jika anda belum memiliki software ini, searching aja di Google, OK :)
Setelah anda memiliki software tersebut, silahkan install terlebih dahulu,

Cara menginstall Partition Magic Pro 8.0 :

  1. Buka folder Partition Magic Pro 8.0, silahkan anda cari file Setup.exe
  2. Tunggu sampai proses persiapan installasi selesai
  3. Setelah proses persiapan selesai, maka akan tampil window PartitionMagic 8.0 Setup. Silahkan pilih Next
  4. Isikan User Name, Company Name dan Serial Number yang anda miliki ( Untuk user name dan company name bebas ), kemudian pilih Next
  5. Setelah itu pilih Yes untuk memberi persetujuan terhadap Licence Agreement yang tampil.
  6. Kemudian pilih Next ( 3 kali ) sampai proses installasi berjalan secara automatis
  7. Setelah proses installasi selesai, maka akan ditanyakan apakah anda ingin membuat Rescue Disket ? untuk contoh ini kita abaikan saja penawaran itu dengan memilih No
  8. Buanglah 2 kotak yang ter-ceklist / tercentang pada window yang tampil, lalu pilih Finish

Sekarang komputer anda telah terinstall PartitionMagic 8.0, untuk langkah selanjutnya mari kita membuat partisi harddisk dengan bantuan software tersebut.

Cara membuat partisi harddisk :

  1. Silahkan anda aktifkan software PartitionMagic 8.0
  2. Setelah tampil window PartitionMagic 8.0, klik nama harddisk anda ( Disk 1 ) pada bagian sebelah kanan atas window PartitionMagic 8.0
  3. Pada bagian pick a task… ( lihat sebelah kiri atas window PartitionMagic 8.0 ) pilih Create an new partition
  4. Silahkan pilih Next untuk melanjutkan
  5. Pilih harddisk yang akan kita paritisi, lalu Next
  6. Kemudian silahkan pilih lokasi partisi, untuk contoh ini silahkan pilih After C: (Recommended)
  7. Sekarang tentukanlah besarnya partisi yang diinginkan di bagian size dengan berpedoman pada informasi di sebelah kanan kotak tersebut ( Maximum Size & Minimum Size ), setelah itu pilih Next
  8. Setelah kita menentukan besarnya partisi, maka akan ditampilkan perkiraan partisi harddisk sesuai data yang anda masukkan tadi. Jika sudah yakin dengan besarnya partisi harddisk anda silahkan pilih Finish
  9. Sekarang silahkan anda klik tombol Apply yang ada di bagian kiri bawah window PartitionMagic 8.0
  10. Jika tampil window konfirmasi, silahkan anda pilih Yes atau OK, untuk memulai proses mempartisi harddisk

Setelah 10 langkah di atas anda jalankan maka windows akan restarts untuk memulai proses mempartisi harddisk anda, silahkan anda tunggu proses tersebut hingga selesai.

Note : Jangan menekan tombol apapun setelah komputer anda restart, untuk menghindari gagalnya proses partisi tersebut.

UPDATE : Gunakan software EASUS Partition untuk alternatif mempartisi HDD

Download link : http://www.partition-tool.com/giveaways/epmpro/

111 comments on “Partisi Harddisk dengan Partition Magic

  1. Reply for Asep Farid,
    Format harddisk itu qt mengkosongkan seluruh / sebagian isi harddisk. sama halnya qt memformat mmc handphone, flashdisk, atw media penyimpanan lainnya. format harddisk biasa dilakukan apabila qt menginstall ulang windows komputer qt. Format harddisk ini juga bisa menghapus virus yg ada di dalam harddisk atw media penyimpanan lainnya namun perlu diingat data2 yg ada di dalamnya akan terhapus, makanya di buat backup-nya dulu sebelum format.

    • Hardis Maxtor 40Giga Di Bios Tidak Kedetek Mendadak,Tapi kLu Hanya CDroom kedetek Bos,Klu Di barengin tidak kedetek semuanya ,Hanya hardisk Pun Ga kedetek Bos Apanya Ya Apa hardisknya?Tolong bantu ya Bos….?

  2. em ada g ya cara lain mempartisi hardisk secra mudah?????
    sebelumnya saya menggunakan Vista Premium bawaan. karena pengen dual OS yaitu XP n Vista ak coba pake partisi magic tuk buat partisi tp di Vista ndak jalan(eror)
    note: klo hardisk ekstrnal nancep dia ndetek sejumlah partisi di hardisk trsbut n hardiks laptop cuma kebaca 1 partisi padahal ada 3 partisi.
    akhirnya data ak backup n ak format abis n instal XP demi game need for speed.
    masalah muncul lg driver bawaan banyak yg g co2k..partition magic bisa jalan tp dlm prosesnya setelah dipartisi n reboot dmn kita g blh neken tombol apapun disinilah masalhnya.keyboardku ada salah satu tombol yg nyangkut g tau yg mn..jd proses partisi dg partition magic ga2l terus….
    ak coba pake CD installer xp untuk create partion…nah disana waktu mo masukin angka jmlh partisi..ak g bisa ngilangin angka2 yg udah kedetek sejum;ah total hrdiskku karena tombol backspaceku mati…ammpuuunnn….pusing neh..addakah solusinyya….pleassseee…
    keinginan maen need for speed pun kesampaian tp jalannya kurang sempurna…tambah puyeng neh kepala…

    Hai bro, gimana kabr u? dah dapat belum solusinya buat harddisk u?
    Sorry niy sebelumnya buat masalah ini juga w belum ngerti2 bgt tapi beberapa kasus yg dah berhasil w selesaikan lancar2 aja pake cara itu, dan sepengatahuan w itu cara termudah. Coz w baru coba dua metode, 1) pake partition magic dan yang 2) buat partisi langsung pake installer windows.
    Sam, coba aja u pinjam keyboard dulu sama siapa kek, tetangga, teman, kakak u, atau sapa gitu, biz tu baru coa partisi lagi harddisk u.
    Saran w kalo u mau dual OS, pake aja software2 virtual jadi u gak ngerusak system, misalnya u pake VMware, Virtual PC atau sejenisnya. Dengan software itu u juga bisa ngejalanin dua OS sekaligus tapi syaratnya spec computer haruz oke juga.
    Oia, pengalaman w pake vista mang sich tampilannya keren tapi saying masih banyak lemahnya, banyak software & hardware yang belum compatible sama vista, dah gitu dia butuh memory gede supaya larinya mantap, + di luaran sana vista juga belum banyak yang pake jadi kalo mau tanya2 ttg vista masih sedikit. (itu menurut w lho!) so sampai hari ini w masih pake XP tapi dengan software2 yang up to date tentnya.

  3. gmana caranya gabungin dua partisi dalam satu partisi yang telah terinstall atau tardapat data didalamnya.

    klik aja MERGE PARTITIONS yang ada di panel sebelah kanan, truz tinggal ikutin dech petunjuknya, gampang kok. tapi harus hati2 ya…

  4. om kbetulan aku nemuin blognya om. ak msih bngung ni. primary hdd ama logical hdd tu ap ya? fungsinya apa??? klo pas partisi hdd kan ad mncul.mo kta set logical ap primary.slnya gw pnya rencana mo install dualboot om>>>>>>>

  5. Mr. aq punya HD Maxtor 20 Gb, waktu deteksi HD di bios bisa kebaca, lengkap. tapi setelah restart mo masuk OS’nya kok ndak bisa ya?.

    Thank’s buat Esha yang dah isi comment buat Aq, balasannya liat aja di email kamu ya. OK :
    Bye :)

  6. mas. say baru aja beli hard disk baru.. trus mo tak install window tapi ga bisa disuruh di partisi dulu HDnya.. masalahnya saya belum tau caranya gmana? apa sama kaya yang dteranginmas diatas? kata temen sih pake MS DOS .. tolong mas kasih tau step by step mas.. makasih.

    untuk indy4n4 pertanyaan kamu dah ncim balas via email, semoga bermanfaat ya…

  7. eh, kalo ngepartisi harddisk tu data” yg uda ada di harddisk ilang ga?
    aku takut kalo data” nya ilang, pdahal udah bnyk yng keisi.

    setahu ncim ci gak ada yang ilang jadi program/software yang melakukan partisi harddisk itu akan mengalokasikan dan memisahkan ruang kosong di harddisk dengan yang telah terisi jadi data kita aman.
    Tapi sebelumnya kita cek dulu kapasitas harddisk kita sebelum partisi, agar kita tahu ruang kosong / free space di harddisk kita berapa, jadi kita tahu berapa size yang bisa ditentukan untuk partisi ke 2 di harddisk kita.

  8. mas aq punya HD Maxtor 40 Gb, waktu deteksi HD di bios bisa kebaca, lengkap. tapi setelah restart mo masuk OS’nya kok ndak bisa ya?.
    klo di liat di my computer (komp. lain) juga g ada (g kedetek), gimana mas?

    Balasannya dah aq kirim via email ya mas, coba cek email aja. OK :)

  9. mas mo nanya….
    gimana yach cara partisi di vista sesuai dengan keinginan kita?
    soalnya kita biasa ndak puas dengan partisi yang diberikan oleh vista.
    contohnya:
    HDD 120
    drive c: 30 GB
    drive d: 40 GB
    drive e: 50 GB
    Thanks.

  10. kalo untuk vista kyaknya belum ada software partisi yang udah support…., tapi vista udah nyediain yang untuk partisi hardisk,,
    coba aja buka control panel, tapi lanjutannya agak lupa..
    tapi ada kelemahannya, ruang hardisk yang hilang terlalu besar. misal kapasitas 160GB, jika di part maka 40GB harus disisakan dan tidak terpakai, sayang to…

  11. mas aku mau nanya nih..
    apa memang benar klo habiz running partition magic dalam posisi booting. setelah itu komptr n listrik harus dimatikan/dicabut?
    kata temen aku sih biar virusnya g bs aktif.
    harap bls ya……!!!!!!
    sebelumnya makasih.

  12. aku mau tanya donk.

    hardisk ku, drive c nya udah penuh, tapi di d dan e masih sisa, jadi aku g bisa instsl2 program lagi.

    bisa g mindahin free spacenya d dan f ke drife C?
    klo bisa gimana caranya?
    nanti data2 nya ilang g?
    harap dibalas y,thx.

  13. mau tanya donk kaka…plisss banget…

    saya hoby main game..

    nah jadi gini.

    saya beli mac book pro…

    pake bootcamp…

    jadi 1 os mac 1 lagi os vista…

    saya pengen tau caranya partisi dari hardisk mac…ke vista…gimna??

    soalnya kapasitas di vista saya cuma 35 gb sedangkan di mac ada 178 gb,,,

    lalu gimana donk cara menambahkan hardisk di vistanya…

    pilss jawab ya kaka kaka yang baikk
    :D

    heheh

  14. ncim mau tanya donk
    kasus gw kaya si sam, tapi gw ga pake 2 os. nah begini critanya:
    tadi pagi gw ngopy partisi magic dari kantor gw, trus gw mau copy ke notebook gw, tapi sebelum gw copy ke hardisk notebook, gw coba partisi ke flashdisk gw tapi ko malah partisi gw yang ada di note book tinggal satu aja ya? terus gmn solusinya biar partisi gw yang di notebook bisa muncul lagi? please kasih gw solusi cos banyak file gw yang penting banget di situ.
    thanx sebelumnya

  15. weh,..

    mu tanya bos,..

    au mau tanya tentang dual boot antara vista n xp.

    binun ne mu instalnya
    tiap au instal xp kemudian mu nambah vista “bukan upgrade” tapi malah xp nya gag kebaca.,

    sebaliknya juga gitu, tiap aku instal vista dlu, d susul xp, maka vistanya ilang” ilang ato gag ada option buat boot vista”.

    padahal penin nikmati vista juga :d, tapi software kbanyakan qw punya gag suport ma vista,..

    jadi penin dua” nya au instal :d

    tq bro,,,

    au tunggu balasan d email, ato d forum buat smua teman yang penin dual, tapi lumdapat info carane :d

  16. Mas,, ak download partition magic 8.0 yang masi triaL….

    ak kan Mahasiswa, maklum lah gag punya duit buat beli yang ori… trus ak nyari crack-an na disitus yang ngsi key activation…

    ap nda ap2? buat hardisk???
    karena berhubungan ma mempartisi….hehe
    makaci….

    ditunggu ya,, jawabannya

  17. Mas mau nanya nih, bgm sih caranya partisi dan format HD dgn disket start up 98/fdisk/dos? balas ke email-ku ya mas! thanks.

  18. hoyy,,
    mao tanya nii, klw partition magic buat vista ada kaga??

    gw ude cari kmane mane, kaga dapet dapet..
    mohon infonye ye…

  19. Waaahhh gimana donk. . . !!!
    cara buat partisi magic,
    instal windows,
    backup data dan
    merakit sebuah komputer.

    Oya”,gimana Ka caranya. . . ?

  20. mas ada gak cara partisiwindows vista,,,dengan cara windowsnya gak rusak
    kalo ada teman2 yang tau kasih tw aku ya,,

    thanks
    tamal

  21. dimana saya bisa melihat cara mempartisi harddisk dengan menggunakan partition magi 8.0 yang memakai gambar dan langakah-langakahnya, soalnya tampa gambar panudan saya agak bingung memepartisinya

  22. Nanya mas, lagi bingung nich gimana gabungan partisi c(system) dgn yg lainnya. soalnya yg c sudah penuh, terus nanti bagaimana dgn program(sofware) yg sdh ada apa jadi hilang berikut datanya atau bagaimana mas ? please tolong nich trim`s b4

  23. om… koq, partisi c system ada… tapi yang di d nya yang buat data gg ada… duh gmna ya… data2 tugas kuliah hilang semuwa… gawat niy…. bad sector kali yaa…. gmna donk maz solusinya??? please blz… thanks…

  24. Mas sy sudah mempartisi harddisk tapi kok yang keluar NTLDR missing, n status yang saya partisi kok hiden or none.
    mohon bantuan nya.

  25. ass, . .
    saya mika . .

    maaf saya mu tanya . .

    gimana sich buat partisi d windows vista pake partition magic . .

    tolong jawabannya ya . .

    terima kasih

  26. Saya baru beli Hard Disk External Merek Axioo kapasitas 250 GB…saya ingin membaginya (partisi) jadi 3 drive dengan jumlah yang sama besarnya. Saya punya software PartitionMagic 8.0 tapi blom pernah digunakan (maklum gaptek…hehehe) tolong dong gimana caranya melakukan partisi pada hardisk eksternalku. Gimana langkah2nya sekalian tips2nya ya…Tengkyu Verimach….

    deddy_damopolii@telkom.net.com

  27. mas mau nanya ni,..
    saya abis instal partition magic 8.0,abis tu saya udah mengikuti langkah2 diatas, tapi setelah proses instal selesai dan saya mau mengaktifkan program ini kok muncul INIT FAILED ERROR 117, itu kenapa ya mas?dan bagaimana cara mengatasinya.
    terimakasih atas pencerahannya.
    minta tolong sekali bantuannya.

  28. minta bantuanya donk…
    hdd saya cuma satu(partisi C).kalo nambahan partisi lagi(ngebagi yang udah ada)apakah data2yang sudah ada hilang atau masih ada..?
    dan bagaimana caranya….
    mohon bantuannya dan terima kasih

  29. mau nanya mas.saya punya hardisk 250 GB.saya partisi menjadi 2 yaitu data dan multimedia.kemaren saya buka cuma terbaca yang disk multimedia sedangkan disk data ndak terbaca.gimana caranya mengembalikan disk data yang ndak terbaca itu mas?tolong di reply di email saya.terima kasih..:-)

  30. mas kalo qta partisi hardisk, smua data na bakal ilang g ya??
    trus apa keuntunganna partisi pke software ma prtisi biasana?
    bales ke email ja ya mas…plizzz

    • bisa mas, pake program disk management yang sudah terinstall otomatis dari windowsnya.
      untuk membuka aplikasi itu, caranya :
      klik kanan icon my computer > pilih Manage > Pilih Disk Management di panel sblh kiri

  31. saya ingin memartisi hardisk saya yg berkapasitas 250 Gb , sekarang saya partisi cuma C dan D , kalau saya ingin memartisi lagi menjadi C,D,E tanpa melakukan instal ulang pada os saya apakah ada software yg bisa digunakan , bagaimana caranya..??
    help me ….
    balas di email saya
    thx

    • setahu saya untuk mempartisi HDD melalui bios itu tidak bisa, karena BIOS merupakan setting untuk motherboad.
      untuk mempartisi HDD setahu saya ada beberapa cara :
      1) Melalui DOS / MS-DOS
      2) Aplikasi Disk Management – program dari windows
      3) Aplikasi lain yang dikhususkan untuk mempartisi HDD

  32. maz tolong ksh tau cara partisi in windows 7 scra dtail tanpa instal ulang,

    trz apa ada efectx,

    thanks

  33. Boooz …. mau tanya ne, kalau Partisi maziknya dari Oppung google itu emang bisa buat hardis kita H A N C U R ia ???

    Soalnya kita mau buat partisi maziknya buat tambah partisi hardis.

    Apa bahaya ia ..???

    thanks.

    NB : klw ada dpt linknya yg bagus pastisimaziknya dari google tolong di send linknya dong ke Email kamu ” iposnet@ymail.com

    bisa dibantukn.

    Salam anak siatnar.
    John Jawak.

    HORAS ..!!!

  34. Mas, mau nanya. Gmn cara mempartisi, yg sebelumnya sy delete. Setelah mau create partision ternyata ga bisa.

  35. gimana kabar cim ? baik kan ? eh blok mu ebat, aku ketik partisi hdd di mbah google langsung nongol ncim & naruto imut, sukses slalu and terusin jadi web master prof ye, loe ade bakat sepertinya, eh blok opik judulnya apa?

  36. mas mau nanya nich,
    bgmna caranya buat buat partisi
    yang yang bisa dipakai untuk intalasi linux,,, harap bantuanya…

  37. tolong ya!!!!, apakah bisa mempartisi hardisk di laptop yg udah siap pakai karna laptop saya partisinya hanya 2 dan apakah programnya tidak akan terganggu, atau harus dari install awalnya baru bisa di partisi?? tolong ya di jawab lewat email aja, plissss

  38. slm kenal…..sebelumy
    gw mw nanya…mw coba partisi harddisk pake partisi magic di drive c alny kebanyakan kapasitas…tp dikomputer udah ada beberapa partisi C,D,E,F masih bisa gx???

  39. nanya bos…
    saya punya komputer dengan HDD250Gb dg 3 partisi
    C:100Gb,D:100Gb,E:50Gb.Drive C mw w partisi lg dg partisi magic 8…kalo ampe gagal data yg di drive D & E hilang gx y….
    sebelumny makacih ea…

  40. mas aq mo nanya, wkt aq hidupin komp mo masuk OS’nya ga bisa, layarny ngeblank, warna hitam, trus cm ad kursor, trus aq cb mskin cd xp, mo repair windowsny, trnyt ga bisa, hardisknya ga ke detect, itu maslahny ap y? n solusinya gmn?

  41. mo ny, kmrn wkt aq hidupin kom, ga bs msk os, layarny ngeblank wrn hitam, cm ad kursornya aja, trus aq mo cb repair windowsnya pake cd xp, trnyt ga bs jg, hardisknya ga kedetect, itu mslhnya apa y? n solusinya gimana?

  42. gan…mo tanya…
    aku punya hdd 250 gb..space hdd 75gb..aku coba create new partition dgn partition magic 7…loadingnya lama bener…dah gt anak ku dgn polosnya klik tombol X merah (close)…stlh restart hddnya gk tampil di windows explore..tp di disk management dan partition magic tampil…mo diaktifin hrs format…gmn caranya biar hddnya aktif lg tanpa harus format..tks sblmnya

  43. mas, tanya ya
    hardisk komputer saya sudah di partisi menjadi C dan D, sekarang C sudah penauh dengan program dan D masih banyak. Bisakah di partisi ulang dengan menambah kapasitas C ? Lalu caranya bagaimana?

  44. mo ti2p nanya partisi hard disk untuk win 7 ??? trims. hard disk 320 g. booting apa bisa dari 2 ruang partisi untuk 2 buah os.

  45. mantappp infox mas ….:)
    aku mo nanya dikit nich…
    apa bedanya (kekurangan n kelebihan) patrisi pake part magic dengan disk management ??
    tolong ya mas…..

  46. kak, windows ku gak mau dipartisi, kenapa ya?
    apa ge cocok versinya dengan windows 7 ku?
    tolong kak, habisnya semua memorinya nyatu di C,

    Makasih ya kak

  47. mas, link donlotnya kok susah bgt ya ketemunya? boleh email link nya berikut serial number utk menjalankan program ini? kalo shrink melalui windows gak bisa semau kita pembagiannya? mesti bener2 dibagi 2?

  48. Halooo sobat2, sku bingung nih cara nambahin size drive c ku, ceritanya begini aku punya laptop dengan os vista drive c nya hampir penuh sedangkan D nya masih banyak sisa, bagaimana dong caranya menggabungkan beberapa drive d ku yang kosong dengan drive C….mohon pencerahannya…..makasi sebelumnya

  49. Hello there I am so grateful I found your site http://ncim88.wordpress.com/2008/01/18/partisi-harddisk-dengan-partition-magic, I really found you by accident, while I was researching on Google for something else, Regardless I am here now and would just like to say thanks a lot for a remarkable post and an all round thrilling blog (I also love the theme/design), I don’t have time to go through it all at the minute but I have book-marked it and also added in your RSS feeds, so when I have time I will be back to read more, Please do keep up the superb work.

  50. maaf mas saya mau tanya, saya punya HDD ekternal seagate 1 tb,
    bagaimana cara memformatnya yah, bisakah di partition magic ini?
    bagaimana caranya?
    makasih sebelumnya

  51. Partisi harddisk, kadang sering kita dengar kata itu, tapi apa sih maksud dari partisi harddsik itu? Secara umum partisi harddisk ialah proses memberi bagian atau memecah ruang harddisk yang tersedia menjadi beberapa bagian. Contoh, jika kita mempunyai harddisk sebesar 40 GB yang belum di partisi, maka jika kita membuka windows explorer maka akan terbaca sebagai Local Disk (C:) namun terkadang kita melihat di komputer lain dengan besar harddisk yang sama tetapi terbaca 2 bagian yaitu Local Disk (C:) dan Local Disk (D:), inilah yang dimaksud harddisk di partisi menjadi 2 bagian yang besarnya masing-masing bagian itu bisa kita sesuaikan.

    Setelah kita mengetahui apa itu partisi harddisk, sekarang mari kita mencoba membuatnya dengan bantuan software Partition Magic keluaran PowerQuest(R). Di sini saya mengambil contoh denganmenggunakan Partition Magic Pro 8.0. Jika anda belum memiliki software ini, searching aja di Google, OK :)
    Setelah anda memiliki software tersebut, silahkan install terlebih dahulu,

    Cara menginstall Partition Magic Pro 8.0 :

    1. Buka folder Partition Magic Pro 8.0, silahkan anda cari file Setup.exe
    2. Tunggu sampai proses persiapan installasi selesai
    3. Setelah proses persiapan selesai, maka akan tampil window PartitionMagic 8.0 Setup. Silahkan pilih Next
    4. Isikan User Name, Company Name dan Serial Number yang anda miliki ( Untuk user name dan company name bebas ), kemudian pilih Next
    5. Setelah itu pilih Yes untuk memberi persetujuan terhadap Licence Agreement yang tampil.
    6. Kemudian pilih Next ( 3 kali ) sampai proses installasi berjalan secara automatis
    7. Setelah proses installasi selesai, maka akan ditanyakan apakah anda ingin membuat Rescue Disket ? untuk contoh ini kita abaikan saja penawaran itu dengan memilih No
    8. Buanglah 2 kotak yang ter-ceklist / tercentang pada window yang tampil, lalu pilih Finish

    Sekarang komputer anda telah terinstall PartitionMagic 8.0, untuk langkah selanjutnya mari kita membuat partisi harddisk dengan bantuan software tersebut.

    Cara membuat partisi harddisk :

    1. Silahkan anda aktifkan software PartitionMagic 8.0
    2. Setelah tampil window PartitionMagic 8.0, klik nama harddisk anda ( Disk 1 ) pada bagian sebelah kanan atas window PartitionMagic 8.0
    3. Pada bagian pick a task… ( lihat sebelah kiri atas window PartitionMagic 8.0 ) pilih Create an new partition
    4. Silahkan pilih Next untuk melanjutkan
    5. Pilih harddisk yang akan kita paritisi, lalu Next
    6. Kemudian silahkan pilih lokasi partisi, untuk contoh ini silahkan pilih After C: (Recommended)
    7. Sekarang tentukanlah besarnya partisi yang diinginkan di bagian size dengan berpedoman pada informasi di sebelah kanan kotak tersebut ( Maximum Size & Minimum Size ), setelah itu pilih Next
    8. Setelah kita menentukan besarnya partisi, maka akan ditampilkan perkiraan partisi harddisk sesuai data yang anda masukkan tadi. Jika sudah yakin dengan besarnya partisi harddisk anda silahkan pilih Finish
    9. Sekarang silahkan anda klik tombol Apply yang ada di bagian kiri bawah window PartitionMagic 8.0
    10. Jika tampil window konfirmasi, silahkan anda pilih Yes atau OK, untuk memulai proses mempartisi harddisk

    Setelah 10 langkah di atas anda jalankan maka windows akan restarts untuk memulai proses mempartisi harddisk anda, silahkan anda tunggu proses tersebut hingga selesai.

    Note : Jangan menekan tombol apapun setelah komputer anda restart, untuk menghindari gagalnya proses partisi tersebut.
    Like this:
    Like
    Be the first to like this post.

    Posted in Computer | Tags: Software
    « Menambah Database Virus PCMAV Menjadi 192.000+
    Menampilkan File & Folder yang Disembunyikan Virus »

    Responses

    1.

    sim, ada yang lupa tuh… bilangin softwarenya jangan pake bajakan.. tar kaya hardisk gw………

    ANCUR
    *

    By: hyoga74 on January 18, 2008
    at 10:12 pm

    Reply

    2.

    Thx ya untuk infonya..
    *

    By: Hanster on January 21, 2008
    at 1:16 am

    Reply

    3.

    apa sih arti dari format harddisk?
    *

    By: asep parid on January 23, 2008
    at 3:19 pm

    Reply

    4.

    Reply for Asep Farid,
    Format harddisk itu qt mengkosongkan seluruh / sebagian isi harddisk. sama halnya qt memformat mmc handphone, flashdisk, atw media penyimpanan lainnya. format harddisk biasa dilakukan apabila qt menginstall ulang windows komputer qt. Format harddisk ini juga bisa menghapus virus yg ada di dalam harddisk atw media penyimpanan lainnya namun perlu diingat data2 yg ada di dalamnya akan terhapus, makanya di buat backup-nya dulu sebelum format.
    *

    By: ncim on January 24, 2008
    at 5:02 pm

    Reply

    5.

    trimakasih infox.
    tp sy mau tnya, apa keuntungan dan kerugian partisi magic dibandingkan partisi biasa (under dos)???
    jawab lo ya…. thx.
    *

    By: zulfah on January 25, 2008
    at 7:51 am

    Reply

    6.

    For Zulfah, saya dah balas ke email kamu ,silahkan dibuka ya
    *

    By: ncim on January 25, 2008
    at 8:32 am

    Reply

    7.

    bgs..3x…
    nti mampir lg deh,,,
    tp laen x adain tnt anime yupz…
    *

    By: eka on January 27, 2008
    at 1:41 pm

    Reply

    8.

    kirimin ya cara menggunakan partition8.0..cara back up data..keuntungan dan kerugiannya…tolong ya…
    thks,,
    *

    By: fitspel on February 7, 2008
    at 12:14 am

    Reply

    9.

    em ada g ya cara lain mempartisi hardisk secra mudah?????
    sebelumnya saya menggunakan Vista Premium bawaan. karena pengen dual OS yaitu XP n Vista ak coba pake partisi magic tuk buat partisi tp di Vista ndak jalan(eror)
    note: klo hardisk ekstrnal nancep dia ndetek sejumlah partisi di hardisk trsbut n hardiks laptop cuma kebaca 1 partisi padahal ada 3 partisi.
    akhirnya data ak backup n ak format abis n instal XP demi game need for speed.
    masalah muncul lg driver bawaan banyak yg g co2k..partition magic bisa jalan tp dlm prosesnya setelah dipartisi n reboot dmn kita g blh neken tombol apapun disinilah masalhnya.keyboardku ada salah satu tombol yg nyangkut g tau yg mn..jd proses partisi dg partition magic ga2l terus….
    ak coba pake CD installer xp untuk create partion…nah disana waktu mo masukin angka jmlh partisi..ak g bisa ngilangin angka2 yg udah kedetek sejum;ah total hrdiskku karena tombol backspaceku mati…ammpuuunnn….pusing neh..addakah solusinyya….pleassseee…
    keinginan maen need for speed pun kesampaian tp jalannya kurang sempurna…tambah puyeng neh kepala…

    Hai bro, gimana kabr u? dah dapat belum solusinya buat harddisk u?
    Sorry niy sebelumnya buat masalah ini juga w belum ngerti2 bgt tapi beberapa kasus yg dah berhasil w selesaikan lancar2 aja pake cara itu, dan sepengatahuan w itu cara termudah. Coz w baru coba dua metode, 1) pake partition magic dan yang 2) buat partisi langsung pake installer windows.
    Sam, coba aja u pinjam keyboard dulu sama siapa kek, tetangga, teman, kakak u, atau sapa gitu, biz tu baru coa partisi lagi harddisk u.
    Saran w kalo u mau dual OS, pake aja software2 virtual jadi u gak ngerusak system, misalnya u pake VMware, Virtual PC atau sejenisnya. Dengan software itu u juga bisa ngejalanin dua OS sekaligus tapi syaratnya spec computer haruz oke juga.
    Oia, pengalaman w pake vista mang sich tampilannya keren tapi saying masih banyak lemahnya, banyak software & hardware yang belum compatible sama vista, dah gitu dia butuh memory gede supaya larinya mantap, + di luaran sana vista juga belum banyak yang pake jadi kalo mau tanya2 ttg vista masih sedikit. (itu menurut w lho!) so sampai hari ini w masih pake XP tapi dengan software2 yang up to date tentnya.

    *

    By: sam on February 26, 2008
    at 11:12 am

    Reply

    10.

    gak smua bajakan bagus

    iya ci, makanya carinya yang canggih ya ! :p

    *

    By: fiesty on March 25, 2008
    at 4:50 am

    Reply

    11.

    bagaimana.? membackup windows xp menggunakan partition magic 8,0 pada hardisk komputer yang sama specnya.
    *

    By: gurdak on April 22, 2008
    at 3:40 pm

    Reply

    12.

    gmana caranya gabungin dua partisi dalam satu partisi yang telah terinstall atau tardapat data didalamnya.

    klik aja MERGE PARTITIONS yang ada di panel sebelah kanan, truz tinggal ikutin dech petunjuknya, gampang kok. tapi harus hati2 ya…

    *

    By: ain on April 29, 2008
    at 3:51 am

    Reply

    13.

    om kbetulan aku nemuin blognya om. ak msih bngung ni. primary hdd ama logical hdd tu ap ya? fungsinya apa??? klo pas partisi hdd kan ad mncul.mo kta set logical ap primary.slnya gw pnya rencana mo install dualboot om>>>>>>>
    *

    By: eddy on May 14, 2008
    at 5:28 am

    Reply

    14.

    PRIMARy AMA LOGICAL TYPE PAS RESIZE HDD BT AP CI KK???
    *

    By: edy on May 14, 2008
    at 11:07 am

    Reply

    15.

    Mr. aq punya HD Maxtor 20 Gb, waktu deteksi HD di bios bisa kebaca, lengkap. tapi setelah restart mo masuk OS’nya kok ndak bisa ya?.

    Thank’s buat Esha yang dah isi comment buat Aq, balasannya liat aja di email kamu ya. OK :
    Bye :)

    *

    By: esha on May 24, 2008
    at 2:43 am

    Reply

    16.

    coy..
    mo coba partition magic 8.2 g?
    ne linknya:

    http://www.4shared.com/file/19023943/92099487/Partition_Magic_82_Full.html?dirPwdVerified=f6c1d4bb

    resiko tanggung ndiri
    hehehe…

    sapa berani coba??
    *

    By: SouL on May 27, 2008
    at 2:20 pm

    Reply

    17.

    mas. say baru aja beli hard disk baru.. trus mo tak install window tapi ga bisa disuruh di partisi dulu HDnya.. masalahnya saya belum tau caranya gmana? apa sama kaya yang dteranginmas diatas? kata temen sih pake MS DOS .. tolong mas kasih tau step by step mas.. makasih.

    untuk indy4n4 pertanyaan kamu dah ncim balas via email, semoga bermanfaat ya…

    *

    By: indi4n4 on May 29, 2008
    at 1:29 am

    Reply

    18.

    eh, kalo ngepartisi harddisk tu data” yg uda ada di harddisk ilang ga?
    aku takut kalo data” nya ilang, pdahal udah bnyk yng keisi.

    setahu ncim ci gak ada yang ilang jadi program/software yang melakukan partisi harddisk itu akan mengalokasikan dan memisahkan ruang kosong di harddisk dengan yang telah terisi jadi data kita aman.
    Tapi sebelumnya kita cek dulu kapasitas harddisk kita sebelum partisi, agar kita tahu ruang kosong / free space di harddisk kita berapa, jadi kita tahu berapa size yang bisa ditentukan untuk partisi ke 2 di harddisk kita.

    *

    By: adez on June 3, 2008
    at 6:43 am

    Reply

    19.

    @SouL

    weh kok nakut2in gitu…
    hiiii takut ah
    *

    By: paidjo on June 4, 2008
    at 4:05 am

    Reply

    20.

    kok saya pas klik aplly yg ad partisi yg saya buat ilank lg ya….>. pilih Manage > Pilih Disk Management di panel sblh kiri
    *

    By: ncim on April 25, 2010
    at 1:03 am

    Reply

    • Thanks juga untuk mas…
      Salam kenal juga & semoga perkenalan ini dapat teru menambahkan ilmu tuk trus bisa kita sharing :)

  52. Mas cara partisi hardisk eksternal dgn disk management gmna carax ??
    Soalx Q bru beli hd nich :D
    blas diemail Q z yach …

Leave a Reply

